Hari Kesehatan Sedunia 2024 : Kesehatanku, Hakku 5 Hal untuk Menghindari Perilaku yang Tidak Sehat

Foto Page Detail

Hari Kesehatan Sedunia diperingati setiap tanggal 7 April, sekaligus hari berdirinya World Health Organization (WHO). Pada Hari Kesehatan sedunia WHO mengangkat tema tentang “Kesehatanku, Hakku”, tema tahun ini dipilih untuk memperjuangan hak setiap manusia, di mana pun untuk dapat mengakses layanan kesehatan, pendidikan dan informasi berkualitas.

Kesehatan adalah suatu kondisi fisik, mental dan sosial yang sejahtera secara utuh dan tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan / disabilitas (Fertman, & Allensworth, 2010). Dilanjutkan juga dengan paparan dari Kemenkes, kesehatan adalah sebagai proses dinamis dalam memperhatikan dan mendukung keutuhan integritas manusia (keseimbangan fisik dan mental) dan adaptasinya dengan lingkungan sekitar secara optimal.

Jika dari sudut pandangan penyakit, sehat adalah suatu kondisi keutuhan dari kemampuan fungsional tubuh yang baik, mampu berdaptasi dengan lingkungan secara bersama dengan masyarakat serta merasa lebih baik(diungkapkan secara subjektif) (Leddy, 2006).

 

 

Faktor yang Memengaruhi Kesehatan

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan :

  1. Penyebab Penyakit

Penyebab penyakit dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu :

  • Golongan Exogen, yaitu penyebab penyakit yang terdapat di luar tubuh manusia yang dapat menyerang perorangan dan masyarakat.
  • Golongan Endogen, yaitu penyebab penyakit yang terdapat di dalam tubuh manusia yang dapat menyerang perorangan dan masyarakat.

 

  1. Manusia sebagai Tuan Rumah (Host)

Berkaitan dengan kesehatan, jelaslah manusia sebagai tuan rumah, yaitu manusia yang dihinggapi penyakit merupakan faktor yang sangat penting.

Daya tahan tubuh ini (badan, rohani maupun sosialnya) dapat dipertinggi dengan:

  • Makanan yang sehat, cukup kualitas maupun kuantitasnya
  • Vaksinasi untuk mencegah penyakit-penyakit infeksi tertentu
  • Cara hidup yang teratur; bekerja, beristirahat, berekreasi dan menikmati hiburan pada waktunya
  • Berpengetahuan luas dengan menuntut ilmu, baik di bangku sekolah maupun dengan pengalaman-pengalaman dalam hidup di masyarakat
  • Patuh pada ajaran agama

 

  1. Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup adalah segala sesuatu baik benda maupun keadaan yang berada di sekitar manusia yang dapat memengaruhi kehidupan manusia dan masyarakat.

Lingkungan hidup ini dapat dibagi dalam 4 golongan, yaitu:

  • Lingkungan biologik
  • Lingkungan fisik
  • Lingkungan ekonomi
  • Lingkungan mental sosial

 

 

Perilaku yang tidak sehat dan harus dihindari

Perilaku yang tidak sehat membuat perkembangan penyakit kronis, termasuk menjadi penyebab penyakit diabetes, Stroke, jantung paru-paru bahkan sampai dengan kanker. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit kronis menyebabkan 41 juta kematian setiap tahunya. Ini setara dengan 71% total kematian di seluruh dunia. Maka dari itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan kita dengan menghindari hal-hal berikut ini.

 

  1. Terlalu banyak menonton TV atau main gawai

Terlalu sering menonton TV atau main Handphone menyimpan pengaruh negatif bagi kesehatan tubuh. Perilaku ini terkait dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes, dan emboli paru. Selain itu, sering melakukan kebiasaan ini tanpa diimbangi aktivitas fisik bisa menurunkan kemampuan kognitif otak.

 

  1. Terlambat Makan

Jangan pernah berpikir bahwa menunda waktu makan akan menurunkan berat badan Anda.

Sering telat makan malah akan meningkatkan nafsu makan pada waktu setelahnya. Hal ini bisa membuat Anda makan lebih banyak dan meningkatkan risiko obesitas dan diabetes.

 

  1. Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit

Gaya hidup tidak sehat dengan mengonsumsi makanan terlalu banyak maupun terlalu sedikit bisa menjadi salah satu pertanda dari gangguan makan (eating disorder).

Pada umumnya, gangguan makan terjadi akibat masalah psikologis dan emosional, seperti rendah diri dan pandangan yang buruk tentang citra tubuhnya.

Apabila tidak segera ditangani, kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi fisik dan psikis, termasuk penyakit jantung, gangguan pencernaan, stres, depresi, hingga perilaku bunuh diri.

 

  1. Bergadang

Terjaga pada malam hari dan tidur ketika keesokan paginya ialah salah satu kebiasaan yang buruk bagi kesehatan Anda.

Orang yang bergadang cenderung akan melakukan perilaku tidak sehat pada esok harinya, seperti tidak melakukan aktivitas fisik dan telat makan.

Apabila Anda memiliki kebiasaan bergadang, ubahlah perilaku itu secara perlahan sampai tubuh terbiasa dan dapat beraktivitas normal.

 

  1. Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan

Sebagian orang mempercayai bahwa merokok dan minum alkohol ialah “jalan keluar” yang bisa meringankan efek stres yang dialaminya.

Nikotin memang dalam rokok dapat memicu pelepasan dopamin yang menimbulkan efek menenangkan. Sementara itu, alkohol akan memperlambat respon tubuh terhadap stres.

Meski demikian, kebiasaan buruk ini punya dampak yang buruk bagi kesehatan. Beberapa contohnya yakni peningkatan tekanan darah, kerusakan jaringan otot, dan berkurangnya oksigen dalam darah.

 

Referensi :

World Helath Organization (WHO) (2024) World Health Day 2024: My health, my right.

Hello Sehat (Kementrian Kesehatan Republik Indonesia) (2024) 13 Perilaku Tidak Sehat yang Sering Dilakukan Tanpa Sadar

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) (2022) Kesehatan dan makna kesehatan


Kembali
Charitas Mobile Care